Bisnis

Pengertian dan Tips Memilih Strategi Bidding di Meta Ads Berikut Jenis-Jenis Bidding

360
×

Pengertian dan Tips Memilih Strategi Bidding di Meta Ads Berikut Jenis-Jenis Bidding

Sebarkan artikel ini

Pengertian dan Tips Memilih Strategi Bidding di Meta Ads Berikut Jenis-Jenis Bidding

Bidding merupakan sebuah proses dalam periklanan digital terpopuler, salah satunya di Meta Ads, yang mencakup Facebook dan Instagram. Memilih Strategi Bidding di Meta Ads dapat didefinisikan dimana Anda bisa menentukan seberapa banyak uang yang Anda bersedia bayar untuk setiap tindakan yang diinginkan dari audiens Anda, seperti klik iklan, tampilan iklan, konversi, atau tindakan lainnya. Pemilihan strategi bidding yang tepat sangat penting karena dapat memengaruhi kinerja dan anggaran campaign iklan Anda. Di bawah ini adalah pengertian, cara memahami, dan memilih strategi bidding di Meta Ads:

Jenis-jenis Bidding

Berikut ini beberapa tipe bidding yang cukup familiar :

  • CPC (Cost Per Click): Dalam model ini, Anda membayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda. Ini berguna jika tujuan Anda adalah meningkatkan lalu lintas ke situs web atau aplikasi Anda.
  • CPM (Cost Per Mille/Impressions): Dalam model ini, Anda membayar untuk setiap 1.000 tampilan iklan, terlepas dari jumlah klik yang diterima. Ini berguna jika tujuan Anda adalah meningkatkan eksposur merek Anda.
  • CPA (Cost Per Acquisition): Dalam model ini, Anda menentukan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk setiap tindakan konversi, seperti pembelian produk. Meta Ads akan mencoba mengoptimalkan campaign Anda untuk mencapai konversi dengan biaya yang paling efisien.
  • ROAS (Return on Ad Spend): Dalam model ini, Anda menentukan tingkat pengembalian yang Anda inginkan dari investasi iklan Anda, dan Meta Ads akan mencoba untuk mencapainya dengan menyesuaikan penawaran Anda.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Meta Ads Manager untuk Facebook dan Instagram

Memahami Strategi Bidding

Memahami strategi bidding (penawaran) di Meta Ads adalah langkah penting dalam merencanakan dan mengelola campaign iklan yang sukses. Dalam konteks ini, terdapat beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan

  • Tujuan Campaign
    Pilih strategi bidding yang sesuai dengan tujuan campaign Anda. Jika tujuan Anda adalah meningkatkan kesadaran merek, CPM mungkin cocok. Jika tujuan Anda adalah meningkatkan penjualan, pertimbangkan untuk memilih CPA atau ROAS.
  • Batas Anggaran
    Pertimbangkan berapa banyak uang yang Anda bersedia dan mampu untuk menghabiskan pada campaign iklan Anda. Beberapa strategi bidding dapat lebih mahal daripada yang lain.
  • Perilaku Target
    Pertimbangkan bagaimana audiens Anda biasanya berinteraksi dengan iklan Anda. Jika mereka cenderung berinteraksi dengan mengklik, maka CPC bisa menjadi pilihan yang baik. Jika mereka lebih cenderung melihat tanpa melakukan tindakan, maka CPM mungkin lebih cocok.
  • Data dan Pengoptimalan
    Meta Ads menggunakan data dan pengoptimalan mesin untuk mengatur penawaran. Jadi, strategi bidding yang Anda pilih akan mempengaruhi cara platform ini mengoptimalkan campaign Anda.
Baca juga:  Tips Facebook Meta Ads: Kumpulan 29 Kosa Kata dan Istilah dalam Facebook Meta Ads

Tips Memilih Strategi Bidding di Meta Ads

Dalam memilih Strategi Bidding di Meta Ads, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut :

  • Eksperimen: Cobalah beragam strategi bidding untuk melihat mana yang memberikan hasil terbaik untuk tujuan campaign Anda. Lakukan uji A/B untuk mengukur kinerja berbagai strategi.
  • Pelajari Hasil: Pantau kinerja campaign Anda secara teratur dan analisis data. Lihat apakah Anda bisa mencapai tujuan dengan strategi bidding yang dipilih, dan jika tidak, pertimbangkan untuk mengubahdan menggantinya dengan cara yang lain.
  • Kustomisasi: Meta Ads biasanya menawarkan opsi kustomisasi yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan penawaran berdasarkan perilaku audiens, perangkat, waktu, dan lainnya. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan efisiensi campaign Anda.

 

Cara Menentukan Strategi Bidding Facebook (Meta) Ads

Penting bagi pengiklan untuk memilih strategi bidding yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan campaign iklan mereka. Strategi penawaran ini biasanya ditetapkan di tingkat campaign dan memiliki peran krusial dalam menentukan bagaimana iklan akan berperforma. Meta, menyediakan beberapa opsi strategi bidding yang dapat dipilih. Berikut adalah beberapa strategi bidding yang ditawarkan oleh Facebook:

1. Automatic Bidding

Strategi ini mempercayakan penawaran sepenuhnya kepada mesin pembelanjaan Meta. Cara ini adalah pilihan yang sangat direkomendasikan bagi pemula. Mesin pembelajaran Meta akan menentukan penawaran terbaik berdasarkan berbagai strategi, baik berdasarkan pengeluaran (spend) maupun target/tujuan campaign (campaign goal).

  • Spend Based Bidding : Mesin Meta akan berfokus untuk menghabiskan seluruh anggaran yang dialokasikan dan mencapai hasil yang optimal. Terbagi menjadi “Highest Volume (Lowest Cost)” dan “Highest Value.”
  • Target/Goal Based Bidding: Mesin pembelajaran Meta berfokus pada pengeluaran yang didasarkan pada target yang ingin dicapai. Terbagi menjadi “Cost per Result Goal (Cost Cap)” dan “ROAS Goal (minimum ROAS).”

Baca juga: Intip Jenis-jenis Iklan di Facebook Meta Ads, Mana yang Cocok Untuk Kamu

2. Manual Bidding

Strategi ini memberi pengiklan lebih banyak kendali dengan memungkinkan mereka untuk mengatur penawaran secara manual. Strategi penawaran yang digunakan dalam manual bidding disebut “Bid Cap.”

Baca juga:  Intip Jenis-jenis Iklan di Facebook Meta Ads, Mana yang Cocok Untuk Kamu

Penting untuk diingat bahwa pemilihan strategi bidding yang tepat harus selaras dengan tujuan dan kebutuhan campaign. Sebagai contoh, jika tujuan campaign adalah meningkatkan jangkauan (reach), maka strategi “highest volume” bisa menjadi pilihan yang lebih baik, di mana anggaran akan digunakan untuk menampilkan iklan worth it karena ditampilkan kepada sebanyak mungkin orang (audiens).

Perlu juga diingat bahwa tidak semua strategi bidding dapat digunakan dengan semua tujuan campaign. Sebagai contoh, strategi “cost per result” hanya dapat digunakan dengan beberapa optimasi pengiriman (delivery optimizations) tertentu.

Pada dasarnya, Meta secara otomatis akan memilih strategi bidding terbaik sesuai dengan tujuan campaign yang telah Anda pilih. Namun, penting untuk memahami lebih lanjut tentang detail tiap strategi bidding agar Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam merencanakan dan mengelola campaign iklan Anda di Meta Ads. Cara ini adalah langkah penting untuk memaksimalkan hasil iklan Anda dan memastikan bahwa anggaran Anda digunakan secara efisien sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Semoga informasi tentang tips memilih Strategi Bidding di Meta Ads di atas dapat menginspirasi Anda melalui bidding sesuai dengan tujuan campaign Anda.