Bisnis

Mau Pasang Iklan di Meta Ads? Segini Anggaran Idealnya

166
×

Mau Pasang Iklan di Meta Ads? Segini Anggaran Idealnya

Sebarkan artikel ini

Mau Pasang Iklan di Meta Ads? Segini Anggaran Idealnya

Facebook Ads atau bisa juga disebut dengan Meta Ads adalah salah satu fitur dari Facebook yang memungkinkan penggunanya untuk memasang iklan berbayar. Facebook adalah platform media sosial yang sangat popular, karena saat ini Facebook juga menaungi Whatsapp dan Instagram. Lalu, berapakah anggaran ideal yang harus dikeluarkan untuk beriklan di Meta Ads? Begini penjelasan lebih lengkapnya.

Apa Itu Bugdet/Anggaran Pada Meta Ads?

Budget atau anggaran adalah perkiraan mengenai pengeluaran selama jangka waktu tertentu. Pada Meta Ads, Anggaran berfungsi untuk mengontrol besarnya nominal yang akan digunakan untuk menayangkan iklan. Tipe anggaran pada Meta Ads terbagi menjadi 2 jenis, yaitu daily budget (anggaran harian) dan lifetime budget (anggaran total selama campaign berlangsung).

  1. Daily Budget (Anggaran Harian)

    Anggaran harian adalah rata-rata biaya yang dikeluarkan setiap harinya untuk menayangkan iklan. Pengguna tidak harus menetapkan tanggal dimulai atau diakhirinya masa promosi. Biaya yang dikeluarkan saat menggunakan iklan harian yaitu sekitar 1 USD atau jika dirupiahkan sekitar 10 ribu rupiah.

  2. Lifetime Budget (Anggaran selama periode tertentu)

    Tipe anggaran ini ditujukan untuk pengiklanan yang memiliki jangka waktu. Pengguna bisa menentukan sendiri kapan berawal dan berakhirnya penayangan iklan. Bisa dalam jangka waktu mingguan atau bahkan bulanan. Anggaran pada tipe ini bersifat total, karena biaya pengeluaran perharinya memiliki jumlah / nominal yang berbeda-beda.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Desain dan Format Iklan Meta Ads yang Cocok

Aspek Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Meta Ads

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Meta Ads sebagai sarana pengiklanan, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu. Hal-hal berikut ini wajib untuk dimengerti sebelum menentukan berapa anggaran ideal yang harus dikeluarkan untuk beriklan di Meta Ads.

  1. Ketahui Tujuan Pemasangan Iklan

    Beberapa iklan ditujukan untuk meningkatkan ‘traffic’ yang mendorong audience untuk melakukan klik pada iklan. Ada juga iklan yang bertujuan untuk ‘konversi’ atau meningkatkan jumlah pembelian atau penambahan barang ke keranjang.

    Biaya yang dikeluarkan untuk kedua tujuan pemasangan ini tentunya berbeda. Biaya yang diperlukan untuk tujuan konversi akan lebih banyak daripada untuk tujuan traffic. Perlu menentukan tujuan pengiklanan terlebih dahulu sebelum menyusun budget atau anggaran.

  2. Pelajari Performa Campaign Sebelumnya

    Jika sudah pernah melakukan campaign sebelumnya, performanya iklan yang sebelumnya akan sangat berguna sebagai tolak ukur promosi yang selanjutnya.  Anggaran yang telah dikeluarkan sebelumnya bisa dijadikan acuan untuk melakukan campaign dengan tujuan yang sama.

  3. Jangan Mengharapkan Hasil yang Instan

    Meskipun Facebook memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, tetap membutuhkan waktu agar iklan dapat berjalan optimal. Campaign yang sangat singkat tidak menyediakan data yang mencukupi untuk dianalisis. Butuh waktu setidaknya seminggu untuk melihat hasil kerja Meta Ads.

Anggaran Ideal Untuk Meta Ads

Tidak ada harga tetap yang dibanderol untuk menggunakan Meta Ads sebagai sarana menempatkan iklan. Biaya yang dikeluarkan bisa bervariasi bergantung pada penargetan audience, penempatan iklan, durasi dan juga target lokasi pengiklanan.

Lalu, berapa anggaran ideal yang harus dikeluarkan untuk beriklan di Meta Ads? Untuk anda yang baru mulai beriklan, bisa mengawali dengan tarif terendah yaitu sekitar Rp. 10.000 per hari. Dengan anggaran 10 ribu rupiah per hari, jika anda melakukan campaign selama satu bulan maka hanya membutuhkan Rp. 300.000 saja.

Apabila dalam waktu satu bulan telah menunjukkan traffic yang bagus, Anda bisa menambah anggaran untuk periode periode selanjutnya. Untuk mengoptimalkan penyebaran iklan, Anda bisa menambah budget mulai dari Rp. 70.000 hingga Rp. 140.000 per-harinya.

Baca juga: Kumpulan 29 Kosa Kata dan Istilah dalam Facebook Meta Ads

Keuntungan Menggunakan Meta Ads

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan Meta Ads sebagai platform pengiklanan. Berikut penjelasannya:

  1. Memiliki Banyak Pengguna di Seluruh Dunia

    Dilansir dari statista.com, tercatat pada tahun 2022 sekitar 2.93 milyar orang masih aktif menjadi pengguna Facebook. Sedangkan data untuk negara Indonesia tercatat sebanyak 129 juta pengguna. Dengan banyaknya pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia, Facebook menjadi platform yang potensial untuk memasarkan iklan.

  2. Iklan Dapat Ditujukan Pada Audience yang Sesuai

    Dari sekian banyak pengguna aktif Facebook tentunya masing-masing orang memiliki preferensi konten yang berbeda-beda. Ada audience yang tertarik dengan bidang kecantikan, kuliner, film, musik, hingga olahraga. Meta Ads menyediakan fitur yang dapat mempromosikan iklan sesuai target yang ditentukan.

  3. Budget Bisa Disesuaikan

    Sebagai pengiklan, Anda dapat menyesuaikan sendiri anggaran yang akan dikeluarkan untuk menggunakan Meta Ads. Besar kecilnya anggaran akan berpengaruh pada jumlah penayangan iklan pada Facebook.

  4. Hasil Promosi Iklan Dapat Dipantau Secara Real-Time

    Facebook memberikan fitur yang dapat menganalisa data promosi iklan secara langsung.  Data-data dapat dimonitor secara langsung mulai awal sampai akhir proses pengiklanan. Beberapa data yang disediakan adalah impression, reach, CTR, conversion rate, dan lain-lain.

Sekian pembahasan mengenai berapa anggaran ideal yang harus dikeluarkan untuk beriklan di Meta Ads. Pastikan untuk menyajikan iklan yang menarik sehingga bisa mengoptimalkan pengiklanan dan mendapatkan banyak audience.