Bisnis

Ketahui Dimana Penempatan Iklan Terbaik di Meta Ads yang Paling Efektif

167
×

Ketahui Dimana Penempatan Iklan Terbaik di Meta Ads yang Paling Efektif

Sebarkan artikel ini

Ketahui Dimana Penempatan Iklan Terbaik di Meta Ads yang Paling Efektif

Meta Ads atau yang dahulu dikenal sebagai Facebook Ads merupakan salah satu media periklanan digital terbesar yang membantu para pebisnis untuk mengiklankan / mempromosikan produk dan jasa mereka agar dilihat oleh khalayak ramai. Kesukesan sebuah iklan di Meta tidak lepas dari pengaruh penempatan iklan yang sesuai, yang mencakup iklan di platform-platform seperti Facebook dan Instagram. Nah, berikut beberapa informasi tentang dimana penempatan iklan terbaik di Meta Ads yang umumnya dianggap sebagai penempatan iklan yang efektif.

Feed ( News Feed)

Pertama, penempatan iklan di feed berita (News Feed) sering kali dianggap sebagai salah satu opsi terbaik. Iklan yang muncul di antara kiriman (status) organic dalam feed pengguna memiliki potensi besar untuk menarik perhatian, karena mereka terintegrasi secara alami dengan konten yang sedang dilihat oleh pengguna. Hal ini jelas memberikan peluang yang baik untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan mendapatkan klik lebih banyak

Baca juga: Apa itu Meta Ads Manager dan Beragam Keuntungam yang Didapatkan

Instagram Stories

Merupakan penempatan yang sangat efektif terletak pada Facebook / Instagram Stories, terutama jika Anda memiliki konten visual yang menarik. Stories menempati seluruh layar perangkat pengguna, menciptakan pengalaman yang imersif. Dengan format ini, Anda dapat membagikan cerita singkat tentang produk atau layanan Anda dengan cara yang kreatif, menggunakan video dan gambar yang menarik. Stories juga memberikan opsi fitur swipe-up yang dapat mengarahkan pengguna langsung ke situs web Anda atau katalog produk.

Baca juga:  Tips Facebook Meta Ads: Kumpulan 29 Kosa Kata dan Istilah dalam Facebook Meta Ads

(Sidebar) di Facebook

(Sidebar) di Facebook juga masih layak untuk dapat dipertimbangkan, meskipun keefektifannya telah berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, bagi beberapa jenis bisnis atau kampanye tertentu, masih dapat memberikan hasil yang optimal. Kolom samping biasanya berisi iklan statis yang lebih spesifik sehingga dapat menarik perhatian pengguna yang tidak ingin terganggu oleh iklan yang terlalu mencolok di feed berita mereka.

Messenger

Pertanyaan seputar dimana penempatan iklan terbaik di Meta Ads?. Jawabannya mungkin di “Messanger”. Messenger adalah platform pesan terintegrasi dari Facebook yang digunakan oleh banyak pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain. Menempatkan iklan di Messenger dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih terfokus dan terlibat dalam percakapan pribadi. Iklan di Messenger dapat berbentuk teks, gambar, atau bahkan video, yang dapat digunakan untuk menghasilkan percakapan atau mengarahkan pengguna ke situs web yang dituju, katalog berisi produk atau aplikasi khusus yang Anda buat.

Marketplace

Marketplace adalah tempat di mana pengguna Facebook melakukan berbagai transaksi jual beli, mencari produk atau layanan, dan mengeksplorasi penawaran lokal. Jenis iklan di marketplace adalah lokasi yang bagus untuk menampilkan produk Anda kepada orang-orang yang mencari barang serupa. Menempatkan iklan di Marketplace dapat membantu Anda menjangkau audiens yang sudah memiliki niat untuk belanja produk dan Anda menawarkan salah satu opsi yang mereka cari.

Untuk pengiklan atau pebisnis, menempatkan iklan di Marketplace bisa menjadi strategi yang efektif karena:

  • Akses ke Audiens yang Tepat

    Marketplace memungkinkan Anda untuk menargetkan pengguna berdasarkan lokasi geografis. Hal ini berarti Anda dapat menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang berada di wilayah atau kota tertentu, yang sangat berguna jika bisnis Anda beroperasi secara lokal atau ingin menjangkau pelanggan di daerah tertentu.

  • Interaksi Lebih Lanjut

    Anda dapat memanfaatkan iklan di Marketplace untuk mengarahkan pengguna langsung ke halaman produk atau situs web Anda. Dengan mengklik iklan, pengguna dapat melihat lebih banyak informasi tentang produk Anda atau melakukan pembelian langsung.

  • Pencarian Berkualitas Tinggi

    Selain itu, pengguna di Marketplace seringkali melakukan pencarian yang sangat terfokus. Ini berarti mereka mungkin sudah dalam tahap niat yang tinggi untuk melakukan pembelian, yang membuat mereka menjadi audiens yang sangat berharga bagi bisnis Anda.

  • Berbagai Jenis Produk dan Layanan

    Marketplace tidak terbatas pada kategori produk atau layanan tertentu. Anda dapat menempatkan iklan untuk berbagai jenis barang, mulai dari pakaian hingga elektronik, properti, jasa, dan banyak lagi, sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Baca juga: Cara Beriklan di Instagram dan Facebook Menggunakan Meta Ads Manager

Video In-Stream

Video In-Stream adalah salah satu penempatan iklan yang sangat potensial di platform Meta Ads, terutama di Facebook dan Instagram, untuk kampanye iklan yang berfokus pada konten video. Penempatan ini memungkinkan Anda menampilkan iklan video Anda di dalam video konten lain yang sedang ditonton oleh pengguna. Konsep utamanya adalah bahwa iklan Anda akan terlihat “natural” atau muncul dalam video yang sedang diputar oleh pengguna, seperti pada konten video berdurasi panjang, streaming video lucu, video film berdurasi panjang, atau tayangan berita video.

Keuntungan utama dari Video In-Stream adalah kemampuannya untuk mencapai audiens yang sudah terlibat dan terfokus pada konten video yang mereka nikmati. Pengguna yang menonton video lebih lama mungkin lebih cenderung terlibat dan memiliki minat yang kuat dalam topik tersebut. Dengan menampilkan iklan Anda se-tema dalam video in stream, Anda dapat memanfaatkan minat mereka dan mendapatkan eksposur yang lebih baik.

Nah, semoga informasi tentang dimana penempatan iklan terbaik di Meta Ads di atas dapat bermanfaat bagi Anda.