Bisnis

5 Tips Jitu Memilih Desain dan Format Iklan Meta Ads yang Cocok

177
×

5 Tips Jitu Memilih Desain dan Format Iklan Meta Ads yang Cocok

Sebarkan artikel ini

5 Tips Jitu Memilih Desain dan Format Iklan Meta Ads yang Cocok

Facebook Ads atau Meta Ads adalah salah satu platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis / jasa Anda. Dengan banyaknya pengguna aktif Facebook di seluruh dunia, membuat Meta Ads menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melakukan promosi. Berikut penjelasan mengenai tips memilih desain dan format iklan Meta Ads yang cocok.

Format Iklan Meta Ads

Sebelum melakukan kegiatan promosi pada Meta Ads, pastikan untuk memahami format-format iklan beserta spesifikasinya terlebih dahulu. Hal ini penting agar iklan yang ditayangkan bisa mendapatkan performa yang optimal.

Baca juga: Intip Jenis-jenis Iklan di Facebook Meta Ads, Mana yang Cocok Untuk Kamu

  1. Image Ads (Iklan Gambar)

    Iklan gambar adalah format iklan yang kontennya paling mudah untuk dibuat. Ini adalah format yang paling sederhana karena iklannya hanya terdiri dari sebuah gambar saja. Biasanya format iklan ini disebut sebagai Single Image pada Meta Ads.

    Iklan gambar memungkinkan penggunanya untuk mempromosikan layanan, produk, jasa, dan juga merek. Format iklan ini cocok untuk mempromosikan konten visual yang dapat dimaksimalkan dalam sebuah gambar. Gambarnya bisa berupa ilustrasi, desain, dan juga fotografi.

    Karena format iklan ini mudah dibuat, maka pastikan untuk membuat desain yang menarik. Tonjolkan aspek-aspek penting seperti keunggulan produk, promosi yang sedang berjalan, dan juga elemen yang dapat meningkatkan ‘brand awareness’.

    Karena iklan ini terbatas hanya 1 gambar saja, pastikan semua informasi penting sudah masuk didalamnya. Apabila produk atau layanan Anda perlu menunjukkan berbagai macam produk atau deskripsi yang cukup panjang, maka disarankan untuk tidak menggunakan iklan gambar.

  2. Video Ads (Iklan Video)

    Tips memilih desain dan format iklan Meta Ads yang cocok lainnya yaitu menggunakan iklan video. Sama seperti iklan gambar, iklan video pada Meta Ads memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan satu video sebagai sarana menampilkan produk atau layanannya. Format iklan video sangat cocok untuk menunjukkan demo produk, tutorial, dan juga menampilkan elemen-elemen yang bergerak.

    Durasi maksimum video yang bisa di upload adalah 240 menit. Namun, bukan berarti Anda harus membuat video sepanjang itu. Meta Ads menyarankan untuk membuat video pendek selama kurang lebih 15 detik. Video dengan durasi yang pendek lebih menarik dan tidak membuat audience bosan.

  3. Carousel Ads

    Iklan carousel memungkinkan pengguna untuk mengunggah sepuluh gambar maupun video yang nantinya dapat di klik oleh audience. Masing-masing gambar dan video memiliki deskripsi dan link tautannya sendiri.

    Format iklan ini cocok untuk menampilkan berbagai produk yang berbeda. Contohnya, iklan ini sangat cocok untuk mempromosikan produk kecantikan, pakaian, kuliner, furniture, dan juga produk-produk lainnya.

  4. Collection Ads (Iklan Koleksi)

    Format iklan koleksi memfasilitasi audience untuk melakukan windows shopping. Hanya dengan melakukan sekali klik pada iklan, audience dapat melihat seluruh isi katalog dalam satu halaman. Iklan ini terdiri dari satu gambar yang dibawahnya terletak tiga produk lainnya beserta tombol CTA (Call to action).

    Apabila Anda memiliki banyak sekali produk pada katalog, maka format iklan koleksi sangat direkomendasikan. Hal ini dapat memaksimalkan semua produk agar bisa ditampilkan dan mengunggulkan beberapa produk saja untuk dijadikan sorotan.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Meta Ads Manager untuk Facebook dan Instagram

Tips Memilih Desain Untuk Iklan Meta Ads

Setelah memilih format iklan yang diinginkan, maka langkah selanjutnya yaitu membuat desain yang akan ditampilkan. Berikut 5 tips memilih desain dan format iklan Meta Ads yang cocok untuk mengiklankan produk atau layanan.

  1. Buat Desain yang Menarik

    Desain yang eye-catching bisa membuat audience merasa tertarik sehingga membuat mereka penasaran akan produk yang di-iklankan. Gunakan warna-warna senada yang sedap dipandang serta dihiasi dengan elemen-elemen yang menarik.

  2. Perhatikan Spesifikasi Iklan Meta Ads

    Setelah memutuskan format iklan Meta Ads yang akan digunakan, pastikan untuk memahami spesifikasi gambar ataupun video yang akan di upload. Hal ini bertujuan agar gambar dan video yang di upload tidak terpotong atau terdistorsi sehingga merusak desain yang sudah dibuat.

  3. Copywriting

    Maksimalkan penggunaan kalimat yang ringkas namun melekat pada ingatan audience. Teknik copywriting yang tepat akan membuat iklan menjadi lebih menarik. Kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele berpotensi membuat audience bosan dan malas untuk membacanya.

  4. Maksimalkan Iklan Video

    Dilansir dari Facebook internal data pada tahun 2021, pengguna Facebok menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menonton video. Membuat iklan video dengan impresi yang baik pada 3 detik pertama dapat menarik perhatian audience.

  5. Lakukan Perbandingan Dengan Iklan Kompetitor

    Sebelum meng-upload iklan, lakukan perbandingan dengan 2 atau lebih competitor. Bandingkan desain yang sudah Anda buat dengan iklan-iklan kompetitor. Pastikan untuk membuat desain yang mampu bersaing sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Demikian tips memilih desain dan format iklan Meta Ads yang cocok. Desain yang menarik serta pemilihan format iklan yang sesuai dapat mengoptimalkan performa iklan agar mendapatkan perhatian lebih dari para konsumen dan audience.